Peradaban Lain Yang Memiliki Sejarah Tentang Matematika.

Sejarah matematika di Roma Kuno berawal dengan memberikan pendidikan dasar di rumah pada anak laki-laki. Para murid mengikuti pembelajaran matematika formal saat berusia 12 tahun dan belajar sastra, musik dan aritmatika dasar menggunakan jari dan sempoa. Kecuali, mereka dituntut oleh status sosial atau pekerjaan maka mereka tidak akan mempelajari matematika diluar kebutuhannya.

Mereka bisa mengaplikasikan matematika namun tidak sepenuhnyadisambut dan diterima dengan baik, namun dianggap perlu untuk beberapa kasus.
Contoh:
  • Vetruvius menyarankan para murid arsitektur untuk mempelajari optik, astronomi, hukum, geometri, & aritmatika.
  • Galeh merekomendasikan para calon fisikawan untuk belajar kedokteran, retorika, musik, dialekita, geometri, & aritmatika.
  • Veiro dan Seneca mendukung pembelajaran geometri dan aritmatika, namun hanya untuk memperkuat atau memperdalam kemampuan berpikir logis.
Di Roma, pekerjaan logika, retorika, atau oratio lebih mulia dibandingkan pekerjaan yang berhubungan dengan angka atau IPA. Faktanya, kebalikannya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memperkenalkan Definisi Sebagai Landasan Geometri Matematika

Logika Matematika; Konvers

Essay Singkat Filsafat Ilmu: Suatu Kajian dalam Dimensi Ontologis, Epistemologis, dan Aksiologis